Cara Cepat Toko Online kita di Indeks Oleh Google

Bookmark and Share
Bagi yang baru pertama membuka toko online hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana agar website toko online yang baru dibuat dapat diindeks oleh Google. Mungkin beberapa dari kita masih awam dalam hal optimasi web di searche engine sehinggia beberapa pertanyaan yang mungkin akan timbul kira-kira seperti ini :

1. Apa itu di indeks oleh Google ?

2. Mengapa perlu di indeks oleh Goggle ?

3. Mengapa harus google ?

4. Bagaimana melakukannya ?

Di indeks oleh google berarti web Toko Online kita telah terdaftar pada search engine/mesin pencari google dan muncul pada halaman pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Ketika suatu halaman web di indeks oleh google maka ketika orang mengunjungi mesin pencari google dan mengentikan kata kunci spesifik yang berhubungan dengan website kita, maka halama web kita berpeluang untuk dimunculkan di halaman pencarian sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung toko online kita.

Google adalah salah satu dari beberapa jenis web search engine / mesin pencari yang paling populer di dunia maya. Untuk memudahkan kita memahami arit dari mesin pencari, berikut ini saya kutipkan dari wikipedia definisi "search engine / mesin pencari"

"Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web".

Berdasarkan penelitian, dari sekian banyak search engine yang ada diantaranya, Yahoo, Bing, MSN dan masih banyak lagi, Google merupakan web search engine yang paling banyak digunakan yaitu sekitar 60% pengguna internet di dunia menggunakan google dan sebanyak 40% untuk search engine lainnya. Sehingga banyak para marketer online dunia membidik google sebagai sasaran untuk mengoptimalkan trafik halaman web mereka.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar halaman web kita dapat dengan cepat di indeks oleh google, diantaranya sebagai berikut :

1. Direktori Online
Anda dapat menggunakan direktori online yang disediakan oleh google pada link berikut ini : http://www.google.co.id/addurl/ masukkan url halaman web toko online anda (halaman utama) dan isikan komentar sesuai konten web anda dan kalo perlu mengandung kata kunci tentang web anda. Dengan menambahkan url halaman web anda pada direktori google dapat membantu google meng "crawl" situs anda untuk terindeks.

2. PingPing pada umumnya banyak digunakan para blogger untuk memberitahu bahwa ada update terbaru atau postingan baru yang telah dibuat pada blog mereka. Namun Anda yang memiliki toko online juga dapat memanfaatkan fitur ini misalnya ada produk baru atau ada postingan baru di blog Anda dapat melakukan ping, tapi ingat jangan lakukan ping kalo tidak ada update pada situs Anda karena dapat dianggap spam. Bagi yang baru saja membuat toko online di multiply dapat mem "ping" halaman url toko online dan ping selanjutnya dapat dilakukan ketika ada perubahan/update web.

Ada banyak jasa ping gratis yang tersedia di internet. Anda dapat menggunakan PINGOMATIC berikut linknya : http://pingomatic.com/

Jika masuk ke halaman pingomatic :

Pada kolom blog name masukkan nama toko online Anda (akan lebih baik mengandung kata kunci produk yang Anda jual)
Pada kolom blog homepage masukkan url halaman web toko online Anda
Pada kolom rss url (optional) dikosongkan saja
Pada menu service to ping centang semua kotaknya atau klik "check all"
Terkahir klik send pings

3. Social Bookmarking
Social bookmarking adalah layanan bookmark halaman web di internet. Untuk membantu halaman web Anda cepat terindeks mesin pencari, Anda dapat menggunakan layanan ini yaitu dengan membookmark halaman url web toko online Anda pada beberapa situs social bookmarking, seperti :

Delicious : http://delicious.com
Blinklist : http://blinklist.com

Untuk dapat bookmark ke social bookmarking tersebut, Anda terlebih dahulu harus mendaftar ke masing2 situs tersebut.


4. Social Networking
Anda dapat menambahkan url halaman web toko online ke situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter dan sebagainya. Dengan menambahkan url ke social networking akan membantu halaman web terindeks apalagi jika url tersebut ditambahkan ke social networking yang memiliki page rank tinggi seperti facebook dan twitter. Jika Anda memiliki akun di facebook, hal ini dapat dilakukan melalui menu share tautan pada halaman beranda facebook Anda.

5. Blogwalking
Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar dan jejak url halaman web kita di blog orang lain. Anda dapat mengunjungi blog orang lain yang memiliki topik yang sama dengan kata kunci jualan Anda, misalnya Anda menjual produk fashion, maka Anda dapat berkunjung pada blog yang memiliki topik fashion. menu komentar biasanya terletak paling bawah artikel/postingan. Biasanya pada menu komentar tersedia kolom : nama web, email, alamat web, nah isikan data2 web anda pada menu komentar tersebut. Pada beberapa blog, komentar Anda tidak langsung muncul karena harus disetujui dulu oleh admin pemilik blog. Apabila telah disetujui, maka komentar anda dan link yang menuju web Anda akan dimunculkan pada blog tersebut.

Catatan :
Kelima cara diatas dapat Anda lakukan meski tidak berurutan dan Anda dapat melakukan beberapa cara saja, namun untuk memercepat halaman web toko online Anda terindeks oleh google ada baiknya Anda melakukan kelima cara diatas. Selain itu juga cara no. 3, 4, dan 5 dapat mendatangkan trafik langsung ke web toko online Anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar