Proses Mengelola IMC (Integrated Marketing Communication)

Bookmark and Share
Ada 7 langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil yang maksimal dalam Integrated Marketing Communication (IMC) atau dengan kata Indonesianya Komunikasi Pemasaran Terpadu:

Review of marketing planDalam tahap ini, perencana mempersiapkan data internal (situasi organisasi dan atribut produk) dan eksternal (situasi makro, target market, dan competitor).

Analysis of promotional program situation
Dalam tahap ini, perencana menganalisa kelebihan dan kelemahan data, menemukan titik permasalahan, dan mencari solusinya.

Analysis of communication process
Dalam tahap ini, perencana menganalisa tanggapan penerima informasi, tahapan dalam pengiriman informasi, dan saluran informasi yang digunakan.

Budget determination
Dalam tahap ini, perencana melakukan cara penyusunan anggaran, apakah dengan top-down (modal sudah tersedia di awal) atau bottom-up (melihat berapa biaya yang dibutuhkan dalam penyusunan rencana dan bagaimana pengalokasiannya).

Develop IMC program
Perencana mengembangkan program komunikasi pemasaran yang akan ditempuh.

Integrate and implement IMC strategies
Perencana menggunakan kombinasi strategi marketing mix, memproduksi iklan, membeli media time dan space, serta melaksanakan desain yang telah ditetapkan sesuai dengan program yang ditempuh.

Monitor, evaluate, and control IMC program
Dalam tahap ini, mengevaluasi hasil kinerja apakah sudah efektif atau belum dan melihat apakah taktik yang ditempuh sesuai dengan strategi yang diambil.

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Diana Indriyani mengatakan...

Selamat siang, boleh saya tau ini sumbernya darimana?

Terima Kasih

Posting Komentar